10 Makanan yang Harus Dihindari jika Tidak Ingin Wajah Menjadi Berjerawat

10 Makanan Penyebab jerawat – Penyebab jerawat bisa beragam, dan salah satunya adalah karena makanan. Kamu yang sedang berjerawat, sebaiknya menghindari aneka makanan berikut ini supaya jerawat tidak makin parah. Simak pembahasannya bersama lookthebeauty.id!

Saat ada jerawat muncul di wajah, rasanya kita jadi malas keluar rumah dan bertemu banyak orang. Rasa kepercayaan diri kita bisa menurun drastis. Kita juga akan segera berusaha mengenyahkan jerawat dengan berbagai cara supaya bisa kembali beraktivitas dengan percaya diri.

Ada banyak hal yang menyebabkan jerawat muncul pada wajah. Apa pun penyebabnya, jelasnya kita tidak ingin jerawat rajin muncul di wajah kita.

Bagi Pemilik Wajah Berjerawat, Mengonsumsi Makanan Tertentu Menjadi Dilema

Kadang kita jadi merasakan dilema saat akan mengonsumsi makanan tertentu karena takut jerawat akan jadi makin parah. Tidak bisa dipungkiri jika kemunculan jerawat memang salah satunya disebabkan oleh minuman dan makanan yang kita konsumsi.

Nah, bersama lookthebeauty.id , kita akan membahas makanan apa saja yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Namun sebelumnya kita bahas dulu aneka kebiasaan yang bisa mendukung hadirnya jerawat menyebalkan di wajah kita, ya.

Wajah Berjerawat Dapat Disebabkan Berbagai Macam Faktor Kebiasaan

Tidak Mencuci Wajah dengan Bersih

Baik wanita ataupun pria memang seharusnya mencuci muka secara rutin. Utamanya saat bangun tidur, saat selesai beraktivitas, dan saat akan tidur. Namun, tidak sedikit dari kita yang mengabaikan kebiasaan baik ini. Rasa malas menjadi penghalang terbesar kita untuk mencuci muka.

Ada kalanya kita juga mencuci wajah namun asal saja karena sedang tidak mood. Kebiasaan mencuci wajah asal-asalan ini bisa jadi faktor timbulnya jerawat di wajah kita, loh. Cara mencuci wajah yang kurang benar bisa juga membuat pori-pori jadi tersumbat dan akhirnya menimbulkan jerawat. Maka dari itu, mulai sekarang bersihkan muka secara lebih seksama, ya.

Kelenjar Minyak yang Diproduksi Terlalu Berlebih

Bagi pria dan juga wanita, jerawat hadir ketika kelenjar minyak yang diproduksi wajah terlalu berlebih. Kamu yang sedang pubertas bisa mengalami peningkatan produksi minyak yang menyebabkan sumbatan pada pori-pori kulit. Jika dibiarkan dan tidak dirawat, sumbatan pada pori wajah akan menjadi jerawat yang mengganggu.

Tidak Cocok dengan Kosmetik

Penyebab jerawat lainnya adalah ketidakcocokan dengan kosmetik yang digunakan. Beberapa di antara kita kadang asal saja memilih produk skin care atau makeup. Hal ini bisa berakibat timbulnya jerawat.

Aneka produk yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide yang berlebih ternyata bisa bikin kulit jadi lebih kering. Jika sudah seperti ini, maka produksi minyak akan bertambah dan mengakibatkan timbulnya jerawat. Maka dari itu, saat akan membeli produk skin care dan kosmetik, ada baiknya kalau kita memperhatikan komposisinya dulu, ya.

Stres

Stres bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Kondisi terlalu lelah akibat berbagai tuntutan pekerjaan dan masalah pribadi dapat menyebabkan kita jadi stres. Saat stres, kita jadi kurang merawat diri dan akhirnya muncul jerawat.

Ketika kita mengalami tekanan batin, maka kita cenderung melakukan kebiasaan buruk. Berbagai kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, makan berlebihan, dan makan terlalu banyak gula bisa menyebabkan peningkatan insulin. Saat insulin meningkat, produksi minyak ikut meningkat dan bisa memperburuk kondisi jerawat.

You Need Me Acne Care Gel

Serum Berbasis Gel yang memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan jerawat dengan berbagai jenis jerawat. Dengan formula yang lembut, ringan, dan mudah meresap di kulit. Mengandung bahan aktif Niacinamide.

Textur Obat Jerawat Instant ini sangat ringan, lembut dan mudah menyerap seperti air ketika sudah menempel di permukaan kulit. Tidak lengket, tidak bau.

Manfaat

  • Mempercepat siklus jerawat sehingga jerawat yang bandel akan segera teratasi.
  • Mengurangi peradangan pada kulit dan kemerahan serta irtasi akibat kulit berjerawat.
  • Menyamarkan bekas jerawat.
  • Aman untuk ibu hamil dan menyusui.
  • Jerawat dan Bruntusan kecil akan hilang dalam waktu 1 hari.

Cara Pakai

  • Gunakan pada malam hari setelah wajah bersih
  • Ambil acne care gel secukupnya dengan pipet.
  • Teteskan di area wajah yang berjerawat.
  • Ratakan dengan jari tangan yang bersih.
  • Gunakan setiap hari selama proses penyembuhan jerawat.

BPOM NA18180105523 Netto 15 gram

Temukan Obat Jerawat Favoritmu di sini!

Customer Care : 082296988800 – 08563181630 (Fast Respons)
Bayar di Tempat (COD) Klik Disini

Makanan Apa Saja yang Harus Kamu Hindari untuk Kulit yang Berjerawat?

Cokelat

Makanan pertama yang harus dihindari untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat adalah cokelat. Makanan yang satu ini mengandung kadar glukosa yang tinggi, karena cokelat yang sudah diolah dengan aneka gula. Jika terlalu banyak makan cokelat, maka hormon insulin akan meningkat karena terlalu banyak glukosa yang masuk dalam tubuh. Hal ini akan memicu peningkatan jumlah sel kelenjar minyak dan kelenjar keringat pada wajah. Ketika ini terjadi, tentu saja selanjutnya kita akan melihat pori wajah tersumbat dan akhirnya meradang menimbulkan jerawat.

Permen

Siapa sih yang tidak suka makanan yang memiliki rasa manis? Hampir sebagian besar dari kita menggemari makanan dengan kandungan gula. Ini karena tubuh juga memerlukan kandungan gula dalam jumlah tertentu untuk diolah tubuh menjadi sumber energi.

Tetapi kita juga harus ingat bahwa terlalu banyak makanan manis malah tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Gula yang berlebih dalam tubuh dapat mengurangi kadar kolagen yang mengarah pada berkurangnya elastisitas kulit.

Ini sebabnya kamu perlu menghindari aneka makanan manis yang salah satunya adalah permen. Kandungan gula dalam permen ini lebih tinggi daripada cokelat karena gula merupakan bahan utama dari pembuatan permen. Maka dari itu jika tidak ingin jerawat makin parah, kurangi mengonsumsi permen, ya.

Kacang

Kamu sebaiknya menghindari kacang tanah yang merupakan bahan makanan paling umum ditemukan di dalam sebuah makanan. Pada umumnya, kacang tanah kaya akan protein yang tinggi, zat besi, vitamin E, dan kalsium. Semua itu tentu saja baik untuk kesehatan. Di sisi lain, dalam kacang terkandung lemak tak jenuh yang bisa memicu munculnya masalah pada kulit wajah.

Jika tidak ingin jerawat makin parah, hindari aneka produk kacang. Meski tidak berlaku pada setiap orang, namun kacang-kacang juga dapat merangsang minyak berlebih sehingga muncul jerawat. Aneka produk berbahan kacang bisa menyebabkan produksi sebum meningkat. Saat sebum melimpah, maka bakteri kulit akan berkembang menjadi jerawat.

Kedelai

Jenis kacang lainnya yang bisa memicu jerawat adalah kacang kedelai. Kacang yang satu ini biasanya dapat diolah menjadi berbagai makanan mulai dari tahu, tempe, hingga susu kedelai. Kacang kedelai kaya akan berbagai nutrisi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi beberapa orang malah justru sensitif terhadap kacang kedelai.

Dalam kedelai ada fitoestrogen yang jika berlebihan maka bisa mengurangi kadar estrogen. Jika sudah seperti ini maka bisa mengganggu keseimbangan hormon dan memicu timbulnya jerawat.

Proses pengolahan kacang kedelai yang salah juga bisa menjadi sebab mengapa kita yang mengonsumsinya malah mendapatkan jerawat. Misalnya saja kacang kedelai yang sudah menjadi tempe dan digoreng, maka kandungan di dalamnya pasti akan berubah.

Gorengan

Mengonsumsi aneka macam gorengan bisa membuat kelenjar minyak di kulit memproduksi lebih banyak minyak. Saat asupan minyak meningkat, maka kulit wajah akan makin jadi tempat yang baik untuk munculnya jerawat.

Asam lemak yang ada pada makanan berminyak tersebut juga dapat meningkatkan peradangan. Kamu yang sudah berjerawat akan merasa jerawat makin parah jika kamu tetap saja mengonsumsi gorengan. Batasi makan makanan penyebab jerawat tersebut dan cucilah wajah secara teratur agar kamu bisa bebas dari jerawat.

Sereal

Untuk sarapan, tidak sedikit dari kita yang kerap mengandalkan sereal sebagai sajian sarapan praktis. Makanan yang satu ini kaya akan kandungan gizi yang tinggi sehingga banyak disukai. Sayangnya, sereal juga bisa memicu munculnya jerawat.

Dalam sereal terkandung karbohidrat yang bisa diserap dengan cepat ke dalam aliran darah. Seperti yang kita tahu, karbohidrat bisa menaikkan kadar gula darah. Jika gula darah naik, maka kadar insulin juga meningkat untuk membantu mengangkut gula darah keluar dari aliran darah dan masuk ke sel. Produksi sebum akan meningkat dan pada akhirnya membuat jerawat tumbuh lebih cepat. Maka dari itu, kamu yang mudah berjerawat sebaiknya menghindari atau mengurangi konsumsi sereal ya.

Makanan Pedas

Makanan pedas memang tidak menimbulkan jerawat. Namun, efek samping dari mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah tertentu memperbesar kemungkinan munculnya jerawat.

Saat makan makanan pedas, maka ada reaksi peradangan di dalam tubuh yang menyebabkan peningkatan suhu. Hal ini akan membuat kita berkeringat secara berlebihan dan akhirnya bisa membantu pelepasan minyak di kulit yang kemudian membuat kotoran dan bakteri terperangkap sehingga menyebabkan terjadinya jerawat.

Fast Food

Makanan cepat saji jadi penyelamat kita saat lapar tak tertahankan sementara pekerjaan masih menumpuk. Makanan cepat saji memiliki rasa yang enak dan gurih sehingga kita jadi gemar memakannya dalam jumlah banyak. Namun, kamu wajib waspada akan jerawat yang bermunculan usai makan fas tfood.

Fast food mengandung kalori, lemak jenuh, serta karbohidrat yang sangat tinggi. Jika kamu terlalu sering mengonsumsi fastfood, tentu saja tubuhmu jadi dipenuhi lemak jenuh yang kemudian bisa meningkatkan faktor pertumbuhan tertentu yang berkontribusi terhadap munculnya berjerawat. Kalau ingin jerawat cepat pulih, sebaiknya hindari dulu makan fast food, ya.

Snack Kentang

Snack kentang adalah favorit kebanyakan orang. Camilan yang satu ini rasanya memang enak dan bikin nagih. Namun kamu harus ingat, aneka snack kentang bukanlah camilan sehat. Aneka snack kentang justru merupakan salah satu makanan penyebab jerawat.

Sebungkus snack kentang kaya akan karbohidrat dan lemak. Kandungan lemak pada snack kentang bisa meningkatkan jumlah sebum wajah. Snack kentang juga mengandung karbohidrat yang bisa memicu kenaikan insulin. Maka bisa disimpulkan jika terlalu banyak makan snack kentang bisa membuat kamu lebih rentan mengalami peradangan sistemik dan berakibat munculnya jerawat.

Pasta

Berikutnya ada pasta yang merupakan makanan penyebab jerawat. Bagi kamu yang senang makan pasta tentunya harus berhati-hati. Masakan khas Italia ini hadir dalam aneka jenis bumbu.

Kulit jadi mudah berkomedo dan jerawatan saat kita mengonsumsi aneka makanan dengan kadar gluten yang terlalu banyak. Kadar gluten dalam pasta sangat tinggi dan inilah yang membuatnya bisa jadi makanan pemicu hadirnya jerawat. Boleh saja mengonsumsi makanan ini, namun jangan terlalu banyak bila tidak ingin jerawat muncul.

Hindari Aneka Makanan yang Bisa Bikin Jerawat Kamu Makin Parah

Memiliki kulit berjerawat bikin kita jadi kurang percaya diri. Saat jerawat muncul, kita jadi malas untuk keluar rumah. Segera rawat jerawat kamu supaya cepat kering dan cepat hilang. Untuk mempercepat penyembuhan jerawat, hindari beberapa makanan di atas yang bisa membuat jerawat makin parah.